Asal Mula Terbentuknya Jagat Raya

291159_galaksi-andromeda-_663_382

Assalamualaikum wr.wb

Pada kesempatan saya ingin berbagi informasi kepada teman teman sekalian untuk lebih menambah wawasan kalian terhadap asal mula terbentukya jagat raya seperti teori teori awal mula terbentuknya jagat raya.
berikut akan saya bahas,enjoy.

Berbagai teori tentang jagat raya dikaji dalam suatu bidang ilmu yag disebut kosmologi. Albert Einstein adalah ahli kosmologi pertama. Pada tahun 1915 ia menyempunakan teori umum tentang relativitas, yang kemudian diterapkan pada pendistribusian zat di ruang angkasa.

Teori relativitas umum yang di kemukakan Einstein menginspirasi banyak ilmuwan lainnya termasuk Alexander Freidmann, seorang fisikawan asal rusia. Freidmann mengahasilkan model berdasarkan persamaan matematis dalam teori Einstein yang menjelaskan evolusi alam semesta.

a. Teori Ledakan Besar

George Lemaitre, seorang ilmuwan astrofisika berkebangsaan Belgia, mengajukan teori bahwa alam semesta bermula dari suatu atom purba tunggal bersifat panas dan padat yang kemudian meledak sehingga jagat raya terbentuk dan mengembang keluar.

Teori ini akhirnya dikenal sebagai teori ledakan besar (big bang theory). Pada tahu 1940-an George Gamow, ahli fisika berkabangsaan rusia-amerika, merupakan salah satu pendukung teori ledakan besar. Dia menyatakan bahwa jika suatu ledakan besar telah terjadi pada pembentukan alam semesta, peristiwa tersebut akan menyisakan pijar susulan berua jejak-jejak radiasi background.

bingbang.jpg

Pada tahun 1965, dua fisikawan bernama Arno Penzias dan Robert Wilson melakukan pencarian sinyal gelombang radio dari bagian tepi galaksi bimasakti. Dalam percobaan yang mereka lakukan, secara tidak sengaja mereka menemukan sisa-sisa gelombang mikro yang diperkirakan Gamao. Hal ini menjadi salah satu bukti terjadinya ledakan besar pada pembentukan alam semesta.

Pada tahun 1929, Edwin Hubble, seorang ahli astronomi, dan Observatorium Mount Wilson mengemukakan bahwa berbagai galaksi sebenarnya menjauhi kita, dengan kecepatan sampai beberapa ribu kilometer per detik. Galaksi-galaksi tersebut termasuk galaksi bimasakti senantiasa menjaga keutuhan bentuk internalnya dalam waktu lama.

Galaksi-galaksi itu mengarungi ruang angkasa secara sendiri-sendiri, seperti partikel yang mengarungi ruang angkasa. Hasil pengamatan Hubble merupakan bukti-bukti ledakan besar.

b. Teori Keadaan Tetap

Seorang ahli astronomi inggris, Fred Hoyle, bersama Herman Bundi dan Thomas Gold mengajukan teori yang lain, yakni teori keadaan tetap. Teori ini menerangkan bahwa jagat raya tidak hanya bersifat sama dalam ruang angkasa (asas kosmologi), tetapi juga tak berubah dalam waktu (asas kosmologi yang sempurna). Jadi, asas kosmologi diperluas sedemikian rupa sehingga menjadi sempurna dan tidak bergantung pada peristiwa sejarah tertentu. Teori keadaan tetap berlawanan dengan teori ledakan besar. Dalam teori ledakan besar, ruang angkasa berkembang menjadi lebih kosong ketika berbagai galaksi menjauh. Dalam teori keadaan tetap, terdapat anggapan bahwa zat baru selalu diciptakan dalam ruang angkasa diantara berbagai galaksi sehingga galaksi baru akan terbentuk guna menggantikan galaksi yang menjauh. Para ahli astronomi mengatakan bahwa zat baru itu adalah hidrogen yaitu sumber yang menjadi asal usul bintang dan galaksi.

Pembentukan zat di ruang angkasa yang kosong itu di terima dengan skeptis oleh para ahli, karena hal tersebut melanggar salah satu hukum fisika, yaitu hukum kekekalan zat. Zat tidak dapat di ciptakan atau di hilangkan, tetapi hanya dapat diubah menjadi zat lain atau menjadi energi.

Sebaliknya, sulit pula untuk menyanggah secara langsung proses pembentukan zat itu, karena menurut teori keadaan tetap, laju pertambahan zat sangat lambat kira-kira satu atom setiap satu miliar tahun dalam satu volume ruang angkasa.

 

keadaantetap.JPG

Demikian artikel tersebut saya buat,semoga dapat bermanfaat bagi teman teman yang sudah membaca dan mohon maaf atas kekurangan artikel tersebut.

Assalamualaikum Wr.Wb

Sumber:http://ilmusosial.net/teori-teori-asal-mula-jagat-raya.html
https://www.google.com/search?q=jagat+raya&client=firefox-b-ab&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjd7JSVmYzSAhWBNY8KHd0bB-sQ_AUICCgB&biw=1366&bih=659#tbm=isch&q=teori+keadaan+tetap+(steady+state+theory)&imgrc=_

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: